Menjadi mahasiswa tentu sudah menjadi kebanggaan setiap pelajar. Rasanya bagai terbebas dari belenggu seragam dan jadwal pelajaran padat dari hari ke hari. Istimewanya jadi mahasiswa juga adalah mahasiswa itu bisa fokus di satu bidang yang benar-benar diminati. Apalagi jika berhasil diterima di universitas favorit.

Mahasiswa, sosok yang diakui sebagai penentu nasib bangsanya. Kalau ingin lihat wajah Indonesia di masa depan, lihat pelajarnya. Mahasiswa dituntut untuk menjadi orang yang baik agar bisa membawa diri serta martabat bangsa. Di masa  4 sampai 5 tahun mendatang, para mahasiswa baru (maba) yang sekarang masih menjalani hari-hari pertama di kampus akan mengisi berbagai posisi di bidang masing-masing.

Saya adalah pelajar yang memiliki minat lebih di bidang komputerisasi dan sistem informatika. Saya yakin pasti ada jalan untuk itu dan Allah tahu yang terbaik. Saya tidak lolos SNMPTN di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang saya inginkan sebelumnya, lalu saya lolos SBMPTN di Universitas Brawijaya (UB). Ini merupakan pertanda bahwa universitas inilah yang terbaik bagi saya.

Kesempatan untuk berprestasi lebih di dunia kerja terbuka lebar jika sebelumnya belajar di tempat yang tepat. Universitas Brawijaya, salah satu sekolah yang bekerja sama dengan Google dalam bentuk ‘Goes Google in University of Brawijaya’. Google menggandeng Universitas Brawijaya Malang dalam bentuk Google Apps Education, sebuah alat kolaborasi berbasis teknologi komputasi awan (Cloud Technology). Saya merasa ini salah satu keistimewaan universitas yang saya masuki ini. Saya ingin bisa lebih berprestasi di universitas ini. Kesempatan untuk banyak-banyak mengukir prestasi di bidang informatika terbuka lebar.

Mengenai jurusan yang saya ambil, Teknik Informatika adalah jurusan paling favorit di SNMPTN Universitas Brawijaya. Hal ini dilansir dari kampus.okezone.com bahwa jumlah peminat Teknik Informatika adalah yang terbanyak di antara peminta jurusan-jurusan lain. Hal ini membuktikan bahwa Teknik Informatika adalah jurusan terbaik di sini.

Banyak mahasiswa yang memilih merantau di kota orang untuk kuliah di universitas favoritnya. Mereka sering mengalami kesulitan dalam beradaptasi. Di sini saya jadi merasa ada nilai tambah bila saya melanjutkan studi saya di UB. Saya sudah familiar dengan kota ini. Selama tiga tahun terakhir, saya berdomisili di kota Malang dan satu tahun pertama saya tinggal di Griya Brawijaya. Sehingga saya tidak perlu beradaptasi lagi dan bisa langsung belajar dengan tenang.

Kelebihan lain yang dimiliki universitas Brawijaya adalah tata letak gedung yang rapi dan tertata. Taman-taman ditata dengan serasi di sela-sela gedung yang megah. Kehidupan kampus dicipatakan sedemikian rupa sehingga tidak hanya mahasiswa yang melaksanakan kehidupan belajar di sini. Universitas Brawijaya merupakan kampus yang memasyarakat. Banyak kalangan seperti siswa SD, SMP, SMA yang bertandang ke kampus baik untuk belajar, berlatih, atau mengikuti lomba dan acara seminar yang mendatangkan tokoh-tokoh hebat sebagai pemacu semangat untuk selalu berprestasi.

Kini, menjadi bagian dari Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, sebuah fakultas di Universitas Brawijaya, merupakan suatu kebanggaan. Menjadi seorang mahasiswa dari universitas favorit di Indonesia, universitas yang memiliki berbagai macam filosofi perjuangan yang mengesankan, merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap mahasiswanya.

Hidup mahasiswa Indonesia!


Copyright © Jati Diri Indonesia