"Silir-silir yo angine, gulung gulung yo ombake" Itulah potongan lirik lagu Banyuwangi yang menggambarkan suasana pantai.
       
Pertanyaan yang ingin saya ketahui, dimana ya pantai dengan ombak terpanjang di dunia? di Amerika?  Australia? Ternyata, pantai itu di Indonesia yaitu pantai Plengkung yang berada di sebelah selatan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), 87 km dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini mendapatkan julukan “G-Land, The Seven Giant Wave Wonder “ oleh para peselancar asing yang "tergoda" dan kagum akan gulungan ombak nan indah. Nama plengkung diambil dari letaknya yang melengkung di ujung tenggara Jawa.
            Kata “G-land” memiliki beberapa konotasi diantaranya, “Green”, karena lokasinya berada di tepi hutan hujan yang masih ‘perawan’. “Great”, karena ombaknya terpanjang di dunia, bisa mencapai panjang 2 km dari timur ke barat dalam formasi 7 gulungan ombak bersusun, cocok bagi peselancar kidal serta kedua terbaik dan tertinggi di dunia setelah Hawai, dengan tinggi mampu hingga 5-6 meter dalam interval 5 menit. Biasanya, musim ombak besar datang pada bulan Mei-Oktober, sehingga banyak peselancar professional yang "tergoda" untuk merasakan sensasi Maha Dahsyat dari ombak di ujung selatan Banyuwangi ini. “Grajagan”, nama pelabuhan nelayan terdekat, tempat menyeberang sebelum ada jalan yang melintas di TNAP. 

Peselancar menikmati ombak terpanjang sedunia
            Uniknya pantai ini lebih dikenal oleh wisatawan asing khususnya peselancar dunia dibandingkan wisatawan lokal. Sebagian besar wisatawan yang datang berasal dari Amerika, Brasil, dan Australia. Tidak diragukan lagi, Plengkung menjadi surga bagi peselancar professional dunia dan menjadi salah satu destinasi 7 Wonders Terios Sahabat Petualang. Sebagian besar peselancar dari Bali, mengambil jalur darat ke Banyuwangi dan langsung ke Taman Nasional Alas Purwo, G-Land atau menyeberangi Teluk Grajagan ke pantai Plengkung dimana tantangan ombak mengundang peselancar untuk segera meluncur di atas gelombang biru.
            Pantai Plengkung sudah menjadi tuan rumah untuk empat kali event surfing internasional. Acara ini bernama "Banyuwangi G-Land International Team Challenge", diikuti oleh 12 tim peselancar dari delapan negara, yaitu Australia, Perancis, Amerika, Inggris, Selandia Baru, dan Indonesia.
            Ombak Plengkung dibagi menjadi tiga level. Level pertama adalah “kong” yang mencapai tinggi 6-8 meter, ombak yang paling banyak dicari oleh peselancar internasional. Level kedua dikenal dengan “speedis” yang mempunyai tinggi 5-6 meter. Ombak jenis ini juga banyak digunakan oleh peselancar professional. Terakhir adalah “many tracks” dengan tinggi sekitar 3-4 meter.
Suasana pantai dengan pasir putih yang indah

Akomodasi : 
  • Jalur darat : Banyuwangi-Kalipahit (59km) dengan bus > Kalipahit-Pasaranyar (3 km) dengan ojek atau menyewa mobil > Pasaranyar-Trianggulasi (12km), Trianggulasi-Pancur-Plengkung/G-Land. 
  • Jalur darat-laut : Banyuwangi-Benculuk (35km) dengan bus > Benculuk-Grajagan (18km) dengan bus atau kendaraan umum > Grajagan-Plengkung dengan speedboat.

Perjalanan memakan waktu 2-3 jam dari kota Banyuwangi. Jika melalui darat, wisatawan dapat melalui daerah vegetasi hutan hujan tropis di Pancur yang dapat memberi warna perjalanan ke pantai Plengkung. Untuk melewati hutan, wisatwan harus menggunakan mobil 4WD milik TNAP. Mobil siap untuk membawa wisatawan melalui jalan yang belum beraspal, berlumpur dan berbatu dari Pancur menuju pintu masuk pantai Plengkung. Biayanya Rp 130.000 per mobil, perjalanan bolak-balik 15 kilometer menuju gerbang pantai Plengkung, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter ke bibir pantai.

Fasilitas :
            Terdapat hotel pertama di Plengkung sejak tahun 1990 yaitu G-Land Joyo's Surf Camp
yang bergaya cottage. Tempat ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap seperti makanan Indonesia dan Barat, internet, pijat, laundry, safe deposit boxes, surf guide and doctor (cek www.g-land.com/facilities) dan menggunakan tarif dolar (cek www.g-land.com/package-rates ).


Ayo nikmati keindahan pantai unggulan kabupaten Banyuwangi yang telah mendunia ini dan dapatkan pengalaman berselancar dengan ombak nomor satu di dunia!

=========================================================================
Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog #Terios7Wonders yang diadakan oleh Daihatsu Indonesia,
bekerja sama dengan Vivalog 
=========================================================================
Referensi :
  1. http://g-land.com/
  2. http://www.nyananews.com/2013/06/06/surganya-para-peselancar-dunia/
  3. http://www.sewamobilsurabaya-murah.com/vacation-and-surfing-at-plengkung-beach/
  4. http://www.pbase.com/archiaston/alas_purwo&page=all
  5. http://travel.kompas.com/read/2011/03/07/07213494
=========================================================================
Bukti dari Twitter :



Copyright © Jati Diri Indonesia